Jumat, 08 Januari 2010

EVALUASI TAKA-NGON !

Ketua Umum Persebaya Surabaya Saleh Ismail Mukadar, tampaknya, mulai gerah atas penampilan angin-anginan Persebaya. Tak heran, dia pun mengeluarkan ultimatum untuk melakukan evaluasi setelah putaran pertama Indonesia Super League (ISL) 2009-2010.

Di antara sekian banyak pemain, Saleh menyoroti performa penyerang asal Kamerun Ngon a Djam dan bek asal Jepang Takatoshi Uchida. Ngon sudah membuat Persebaya merogoh kocek sampai Rp 1,1 miliar untuk menebus kontraknya. Sementara itu, untuk mendatangkan Taka (pangilan Takatoshi Uchida, Red) dikabarkan Persebaya mengeluarkan dana sekitar Rp 700 juta.

Tapi, kenyataannya, Ngon hanya main dua kali lawan PSPS Pekanbaru (7/11/09) dan Persitara Jakarta Utara (11/11/09). Sementara itu, kehadiran Taka diharapkan membuat lini belakang Persebaya jadi kukuh. Namun, kenyataannya, lini pertahanan tetap rapuh.

Bersama PSM Makassar, tim berjuluk Green Force itu menjadi tim yang paling banyak kebobolan dengan 20 gol. ''Ngon harus mencetak gol di lima pertandingan terakhir. Kalau tidak, pasti diganti. Begitu pula dengan Taka. Dia juga harus bisa membuktikan bisa mengamankan pertahanan Persebaya,'' paparnya, 2 Januari lalu.

Saleh menuturkan, pada putaran kedua nanti, Persebaya tidak sulit mendatangkan pemain baru. Kabar terakhir, striker Cile Oscar Aravena bersedia bergabung jika Persebaya membutuhkan tenaganya. ''Bisa juga Aravena atau pemain lain. Tapi, saya masih berharap Ngon dan Taka bisa memberi kontribusi yang baik di sisa putaran pertama,'' urainya.

Ada lima laga sisa putaran pertama. Yaitu, kontra Pelita Jaya (10/1), Arema (16/1), Persema Malang (20/1), Persib Bandung (23/1), dan Sriwijaya FC (SFC) (26/1). Di antara lima partai itu, bentrok lawan Arema menjadi perhatian utama. Hal itu tak lepas dari rivalitas dua tim tersebut selama ini yang saling membuktikan menjadi yang terbaik di Jatim.

Saleh mengungkapkan, dia antara lima partai tersebut, setidak Persebaya harus bisa memenangi tiga partai. ''Kalau tidak, akan ada evaluasi besar-besaran untuk tim pelatih dan pemain. Bukan hanya untuk Ngon dan Taka,'' tegasnya.

''Kalau memenuhi target, pasti banyak yang selamat. Tapi, kalau tidak, akan banyak yang tidak selamat,'' lanjutnya.

Ngon menyatakan siap memberikan yang terbaik di sisa putaran pertama. ''Kalau pelatih memanggil saya untuk main, saya akan siap. Saya harap bisa kembali mencetak gol. Tapi, yang terpenting, Persebaya bisa menang,'

BONEX-PUNKYcommunity

0 komentar:


  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP